Yah..[intermezo] ini pertama kali saya posting mengenai modelling. Sebelumnya saya terinspirasi dari sebuah mainan milik adik saya, ketika itu saya sengaja meminjamnya dahulu tanpa ijin untuk saya bikin modelling :).. Seperti inilah bentuk dari mainan tersebut.

Dengan modal pengetahuan yang minim saya mencoba untuk bikin modellingnya dan tentunya dengan aplikasi Blender 2.61. Adapun teknik dasar modelling yang saya lakukan ialah melakukan Grab, Scale, Rotation, Snap, Extrude, LoopCut, Mirror, Bevel, Subdivison Surface dan Parent.
Grab : teknik memindahkan "keyboard shortcut [G]"Scale : teknik menskala (memperbesar atau memperkecil) "keyboard shortcut [S]"Rotation : teknik memutar "keyboard shortcut [R]"Snap : teknik untuk memastikan posisi 3D Cursor "keyboard shortcut [SHIFT]+[S]"Extrude : teknik untuk membuat penebalan atau ketinggian pada objek yang terpilih "keyboard shortcut [E]"Loop Cut : teknik untuk menambahkan elemen garis perpotongan baik secara vertikal maupun horizontal pada objek 3D "keyboard shortcut [CTRL]+[R]"Mirror : teknik pencerminan objek 3D untuk pemodelan simetris "fungsi Modifier"Bevel : teknik untuk menambahkan garis pada tepi objek 3D agar tampak tidak terlalu tajam "fungsi Modifier"Subdivision Surface : teknik memperhalus objek 3D namun tetap mempertahankan vertice yang ada pada objek3D "fungsi Modifier"Parent : teknik untuk menghubungkan dua objek atau lebih, satu sebagai Master dan yang lain sebagai Child "keyboard shortcut [CTRL]+[P]"
Setelah melewati proses yang sedemikian rupa, alhasil seperti di bawah

Hasil Pertama


Hasil Kedua
dan ini ada preview pergerakan objek 3D tersebut dengan teknik animasi dasar menggunakan Insert Keyframe.
Langkah selanjutnya, saya akan mencoba untuk membuat material atau pewarnaan objek :).
Thanks to Jasper Witkamp and Benjamin Hubel.
No comments:
Post a Comment