Pages

15 April 2011

GIMP


Bagi anda yang mungkin sering berinteraksi dengan sistem operasi GNU/Linux, pasti sudah pernah melihat sebuah aplikasi multi-platform digunakan untuk mengolah atau memanipulasi gambar atau foto yaitu GIMP (GNU Image Manipulation Program). Aplikasi ini dibuat oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball, kemudian dibantu oleh developer di seluruh dunia hingga akhirnya terbentuk GIMP-Team. GIMP hampir selalu tampil di dalam setiap distribusi GNU/Linux berbasis GNOME seperti Ubuntu, Fedora, OpenSuse dan distro lain.

Keandalannya sebagai aplikasi grafis, bisa disamakan dengan aplikasi grafis yang berbayar seperti Adobe Photoshop. Aplikasi ini menunjang bagi anda penggemar grafis untuk mengedit gambar, memperbaiki foto digital dan atau sekedar mengatur komposisi warna.

Selain fungsi default yang sudah tersedia di dalalmnya, GIMP juga menyediakan berbagai plugin untuk gambar atau foto anda. Dari semua plugin dikemas menjadi sebuah script yang akan dijalankan ketika proses pengolahan foto atau gambar berlangsung. Untuk tingkat kesulitan pengolahan gmabar tergantung dari jenis script yang digunakan.

Mungkin banyak alasan lain mengapa anda harus mencoba GIMP, perlu anda ketahui bahwa dari semua paket atau source dari GIMP ini bersifat free atau bebas. Artinya, anda dapat mengunduh dan menyebar luaskannya tanpa harus khawatir melanggar lisensi. Mengapa? Karena, lisensi yang digunakan oleh GIMP adalah General Public License (GPL) yang menyediakan kebebasan kepada setiap pengguna untuk mengakses dan mengubah source code dari GIMP. Versi installer pun disediakan tidak hanya untuk GNU/Linux, melainkan untuk pengguna Win atau MacOSX.

Untuk mengunduhnya silakan kunjungi disini

No comments: