Pages

22 January 2013

Lensa Fisheye di Blender

Harga lensa fisheye yang relatif merogoh kocek bukan halangan untuk berkarya jika kita belum mampu untuk memilikinya. Yah...banyak jalan menuju roma, kembali lagi saya menikmati Blender untuk merefresh otak saya. Mulanya saya cuma berniat untuk iseng bikin desain interior Internet Club. Dikarenakan ruangannya sempit jadi saya mempunyai inisiatif untuk mensetting kamera dengan sudut lebar yang mempunyai distorsi a.k.a fisheye. Bukan hanya mensetting menu Lens saja, karena pada kali ini saya menemukan masalah ketika rendering hasilnya kurang cocok dengan keinginan saya. Oke, pada menu Lens saya memilih Panoramic dengan jenis Fisheye Equisolid, di dalamnya saya mencoba untuk mengcustomize secara iseng-iseng dengan merubah Field of View menjadi 360 derajat dari semula 180 derajat :D. Nah, permasalahan yang saya maksud terdapat pada menu Camera. Ketika saya membiarkan Camera dalam keadaan deafult, maka hasil rendernya distorsi ke dalam a.k.a cekung. Oleh karena itu, saya mencoba untuk merubah Camera default menjadi Camera Nikon D3S dan dengan sensor horizontal.

Parameter Camera
Viewport Rendering
Happy Blending

No comments: