Pages

27 January 2012

Multiple Camera Switching di Blender 2.61

Jika kita mempunyai beberapa kamera dalam suatu area, namun kita menginginkan pengambilan sudut pandang yang berbeda, apakah dapat dilakukan di blender? Jawabnya, tentu sangat bisa.

Caranya? Dengan menggunakan fungsi Marker yang tersedia dalam jendela Timeline. Marker tersebut sebagai penanda pada masing-masing kamera, semisal kita mempunyai 3 kamera di jendela tampilan 3D (3D View) maka kita harus mempunyai 3 marker pada Timeline. Kemudian, setelah kita mempunyai 3 Marker untuk masing-masing kamera, maka langkah selanjutnya ialah mengikat masing-masing kamera sesuai Marker yang sudah ditentukan.


Langkah - langkahnya :

• Membuat Marker Camera1, pilih dan klik menu Marker pada Timeline

• Kemudian klik Add Marker [M]
• Merubah nama Marker sesuai dengan Camera1, pilih dan klik menu Marker pada Timeline
• Kemudian klik Rename Marker [CTRL]+[M], ketik Camera1
• Selanjutnya mengikat Camera1 dengan Marker Camera1
• Pilih dan klik menu View pada Timeline
• Kemudian klik Bind Camera to Markers [CTRL]+[B], maka Camera1 sudah terikat dengan Marker Camera1.

Catatan :
• Untuk membuat Marker selanjutnya, pastikan pada Frame yang diinginkan untuk pindah posisi kamera.
• Untuk mengikat kamera dengan Marker, pastikan kamera dalam posisi aktif. Anda bisa mengaktifkannya dengan cara memilih kamera terlebih dahulu kemudian tekan [CTRL]+[0]. Setelah itu, anda bisa mengikat kamera dengan Marker.

Tips sederhana :
Saat kita berada pada jendela Timeline, apa yang bisa kita lakukan ??
• Memindahkan Marker : ketik [G] pada keyboard kemudian geser dan klik kiri untuk menyetujui atau klik kanan dan tahan kemudian geser dan klik kiri untuk menyetujui.
• [SHIFT]+[D] : Menggandakan Marker
• [X] : Menghapus Marker
• [CTRL]+[M] : Merubah Nama Marker


Semoga sedikit informasi ini bisa berarti buat kita semua :)
Selamat bereksplorasi ;)

No comments: